PPID RSUD dr. Loekmono Hadi

Rumah Sakit Pilihan Utama Masyarakat

JANTUNG BERDEBAR PADA PENDERITA HIPERTIROID

Oleh : dr. Mudzakkir Djalal, Sp. PD

Tanya :

Ass, mau tanya Dok, saya punya penyakit hypertiroid, saya sudah minum obat dari dokter selama 6 bulan, tapi jantung saya masih berdebar begitu kencang dan keras terdengar di telinga saya, apa saya harus minum obat rutin lagi ? trims sebelumnya.

Jawab :

Kelenjar gondok yang terletak di leher, merupakan salah satu organ tubuh yang menghasilkan hormon tiroid, hormon ini dalam keadaan normal sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai kebutuhan metabolisme. Apabila kadar hormon berlebih, akan menyebabkan berbagai dampak pada organ tubuh yang sangat mencolok yaitu organ jantung.

Apabila anda berdebar merupakan salah satu manifestasi klinik hormon tiroid atau gondok dalam tubuh yang berlebih. Rasa berdebar yang selalu anda rasakan kemungkinan kadar hormon tiroid yang ada dalam tubuh anda melebihi batas normal. Oleh sebab itu, sebaiknya obat yang telah diberikan oleh dokter anda yang terdahulu diminum kembali. Apabila belum ada perkembangan sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter anda. Atau periksakan diri anda ke Klinik Penyakit Dalam RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus.

Updated: 13 Maret 2018 — 10:45

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
PPID RSUD dr Loekmonohadi © 2023 Frontier Theme