RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus menggelar Family Gathering di bangsal jiwa yang bertepatan dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional Tahun 2023, dengan tema Terwujudnya Pelayanan Kesehatan Jiwa Paripurna di Ruang Inap Jiwa RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus Senin (4/9) pagi. Program Semar Patri (Strategi Menurunkan Angka Readmisi Pasien Psikiatri) kali ini digelar lebih meriah dari biasanya. Tak hanya pasien, keluarga dan perawat di bangsal jiwa saja. Family Gathering Semar Patri kali ini juga melibatkan pejabat struktural. Dengan pendampingan perawat, pasien yang kondisi kejiwaan yang mulai stabil diajak berkeliling rumah sakit. Tak hanya itu, agenda ramah tamah dengan keluarga yang disajikan hiburan menyanyi juga semakin menambah kemeriahan acara pagi ini. Pasien dengan kondisi yang stabil juga dilibatkan dalam memandu acara ini. Mulai dari bertugas menjadi MC, pembaca ayat suci al-qur’an, do’a, hingga menyanyi.Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus dr. Abdul Hakam, M.Si, Med, Sp.An membuka acara tersebut dilanjutkan sambutan oleh Kepala Instalasi Rawat Inap dan Dokter Spesialis Jiwa dr. Syarifah Rose Pandanwangi, Sp.KJ. Family Gathering Terpadu Semar Patri merupakan produk inovasi RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus yang sudah berjalan sejak 2015. Produk inovasi layanan ini masuk dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB). Peringatan hari pelanggan ini bagian dari pelaksanaan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang mana setiap unit pelayanan publik diwajibkan untuk memberikan pelayanan yang excellent. Untuk mencapai hal tersebut, komponen yang harus dipenuhi yakni pertama kepedulian kepada penerima layanan, kedua memberikan layanan yang terbaik dan ketiga kepuasan pelanggan. Komponen itu, lanjutnya, kemudian dituangkan dalam kebijakan pelayanan, pedoman pelayanan, panduan pelayanan dan SOP yang ada di rumah sakit. “Intinya adalah kualitas dari pelayanan yang diberikan yang menitikberatkan pada pemberian pelayanan setulus hati dan sebaik mungkin kepada pelanggan,#MelayaniSetulusHati#RumahSakitPilihanUtamaMasyarakat#KudusHebat#KudusSehat